SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Kondisi Ornamen Gua terhadap Daya Tarik Wisata Alam di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang

Syaiful Efendi

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Efendi, Syaiful. 2017. Evaluasi Kondisi Ornamen Gua Terhadap Daya Tarik Wisata Alam Di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si (II) Ir. Juarti, MP.

Kata kunci: Kondisi Ornamen, Daya Tarik Wisata Alam

Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang memiliki potensi yang besar untuk pengembangan objek wisata gua. Gua-gua  di kawasan Donomulyo memiliki lorong yang variatif mulai dari lorong yang luas sampai lorong sempit yang mengharuskan penelusur merangkak untuk melewatinya. Temuan ornamen dalam gua juga memiliki daya tarik tersendiri dalam penelusuran gua. Temuan ornamen dalam suatu gua dengan gua lain tidak akan sama tergantung kondisi fisik gua tersebut. Pada gua-gua kering akan lebih sulit ditemukan keberadaan ornamen dan sebaliknya. Sebagai hiasan dalam gua, ornamen gua (speleothem) memiliki peran penting dalam menunjang pengembangan wisata minat khusus penelusuran gua di Kecamatan Donomulyo. Ornamen gua dapat menjadi daya tarik dalam kegiatan wisata  minat khusus. Potensi tersebut masih belum diketahui oleh masyarakat sekitar maupun pemerintah daerah. Penelitian tentang kondisi fisik da ornamen gua masih sangat jarang dilakukan.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi ornamen gua terhadap daya tarik wisata alam serta potensi gua untuk dikembangkan sebagai objek wisata minat khusus.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah Gua Lowo, Gua Rampal dan Gua Sengik dengan parameter antara lain posisi gua, pemetaan lorong gua, daya tarik, aksesibilitas, iklim, sarana, daya dukung kawasan, keamanan gua, kondisi air bersih dan objek wisata sekitar gua. Metode analisis yang digunakan adalah scoring dengan memberikan skor pada masing-masing parameter.

Hasil penelitian menunjukan daya tarik ornamen sebagai penunjang wisata alam di Kecamatan Donomulyo adalah (1) Gua Rampal dengan skor 780 memiliki ornamen dengan keunikan, keaslian, keindahan/keragaman, keutuhan tata lingkungan dan kepekaan paling tinggi, (2) Gua Sengik dengan skor 540 dan (3) Gua Lowo dengan skor 480. Hasil analisis wisata minat khusus berdasarkan rekapitulasi nilai adalah Gua Lowo mendapatkan skor 1380 dengan klasifikasi potensial. Gua Rampal mendapatkan skor 1665 dengan klasifikasi potensial. Gua Sengik mendapat skor 1425 dengan klasifikasi potensial.