SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berfikir Spasial Siswa SMA

Jefri Firman Pranata

Abstrak


ABSTRAK

Pranata, Jefri Firman. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Di SMA Negeri 1 Kepanjen, Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II)  Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigastion, Kemampuan Berpikir Spasial

Pembelajaran geografi dewasa ini menekankan pada kemampuan berpikir tingkat rendah. Berpikir tingkat rendah menekankan pada pengetahuan siswa seperti hapalan. Pembelajaran ini tidak melatih kemampuan berpikir keruangan siswa. Sesuai dengan karakteristik geografi yang mengedepankan berpikir keruangan, maka dibutuhkan kemampuan berpikir spasial untuk mengkaji sebuah permasalahan dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir spasial siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan rancangan posttest control group design. Subyek penelitian adalah kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IIS 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor nilai kemampuan berpikir spasial. Instrumen penelitian menggunakan 3 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0.00 < 0.05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,36 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol 76,69. Maka H0 ditolak atau dengan kata lain model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen.

Berdasarkan temuan penelitian saran yang diajukan, model investigasi kelompok dapat mengasah kemampuan berpikir spasial siswa. Disarankan guru untuk menggunakan model investigasi kelompok. Penggunaan model investigasi kelompok sebaiknya digunakan pada kompetensi dasar yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi.