SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 7 Malang

Romauli BR Sitinjak

Abstrak


\ ABSTRAK

 

Sitinjak, Romauli. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted

Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi SMAN 7 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

 

Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Kemampuan Berpikir Analitis

 

Model pembelajaran Team Assisted Individualization adalah pembelajaran kooperatif yang memadukan dengan pengajaran tutor sebaya untuk dapat melatih keterampilan sosial dalam kelompok dan melatih kemampuan berpikir analitis peserta didik. Model pembelajaran TAI memiliki berbagai kelebihan dan sintaknya mampu melatih kemampuan berpikir analitis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI SMAN 7 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain pretest posttest group design. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan XI IIS 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan  model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji-t terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik didapatkan bahwa nilai probabilitas adalah 0,000. Dari hasil tersebut nilai probabilitas < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima atau diinterpretasi bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI yang mengikuti model pembelajaran Team Assisted Individualization.

 

Model pembelajaran Team Assisted Individualization memiliki kelebihan yang mampu melatih kemampuan berpikir analitis. Oleh karena itu, disarankan untuk digunakan dalam melatih kemampuan berpikir analitis peserta didik khususnya pada kompetensi dasar yang menuntut kemampuan berpikir analitis sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik.

 

ABSTRACT

 

Sitinjak, Romauli. 2016. The Effect of Team Assisted Individualization (TAI)

 Analytical Thingking Skills in Geography  of  SMA Negeri 7 Malang. Thesis, Geography Department, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisors: (1) Drs. Hadi Soekamto,

S.H, M.Pd, M.Si. (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

                  

 

Keywords: Team Assisted Individualization, Analytical Thingking Skills

The learning model Team Assisted Individualization is a cooperative learning that blends with peer tutors teaching social skills to be able to train in a group and train the ability to think analytically learners. TAI learning model has many advantages and syntax able to train the ability to think analytically learners. The purpose of this study was to determine the effect of learning model Team Assisted Individualization toward analytical thinking skills of students of class XI SMAN 7 Malang.

The design of the study is a quasi-experiment (Quasi-Experimental) with pretest posttest design group design. Subjects in this study were divided into two classes: XI IIS 2 as the experimental class were treated with study model Team Assisted Individualization and XI IIS 1 as the control class treated using conventional learning models. The data collection technique using a test with about descriptions. The data analysis using t-test with SPSS 16.0 for Windows.

The results of this study indicate that the ability to think analytically learners experimental class is higher than the control class. From the results of the t-test of the ability to think analytically learners found that the value the probability is 0,000. From these results, value the probability < 0.05 H0 and H1 accepted or mean that there are significant analytical thinking skills of student’s of class XI learning model Team Assisted Individualization.

The learning model Team Assisted Individualization has advantages that were able to train the ability to think analytically. Therefore, it is recommended for use in the training of analytical thinking ability of students, especially at the basic competencies that require analytical thinking skills that create learning more meaningful for students.