SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IIS MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung

Isna Dewi Muslishoh

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Pembelajaran geografi di sekolah tidak hanya menuntut siswa untuk mengingat konsep melainkan memahami konsep. Pemahaman konsep yang harus dimiliki akan membantu siswa dalam mengetahui hubungan antar konsep dan memudahkan siswa dalam memahami materi selanjutnya. Namun pembelajaran saat ini masih cenderung pada penghafalan konsep sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa tidak dapat berkembang.Salah satu model pembelaja-ran yang mampu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa adalah Tutor Sebaya.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap pemahaman konsep geografi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagungdengan mengambil 2 subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen.Instrumen penelitian berupa soal esai yang dikembangkan berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan indikator pemahaman konsep. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t (Independent Sample t-Test) dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

 

Hasil analisis menunjukkan rata-rata (mean) kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen (66,71) lebih besar daripada kelas kontrol (59,60) maka H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IIS MAN RejotanganKabupaten Tulungagung.Saran dari penulis adalah: (1) sekolah dengan memberikan sosialisasi dan referensi tentang model pembelajaran Tutor Sebaya, workshop, dan pelatihan guru; (2) guru bidang studi geografi harus menyiapkan RPP sesuai dengan sintak model pembelajaran Tutor Sebaya serta menyediakan hand out dan pelatihan bagi tutor; 3) peneliti selanjutnya dapat menambah atau mengganti variabel penelitian sertamenggunakan sekolah dan materi yang berbeda.