SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS XI MENURUT HADI SOEKAMTO

Ria Ayu Ekaningtyas

Abstrak


Dalam melakukan penelitian pengembangan LKS perlu dilakukan analisis kebutuhan berdasarkan Kurikulum 2013, karakteristik peserta didik, materi, dan kelemahan LKS yang sudah ada. Kurikulum 2013menitikberatkan prinsip pembelajaran dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu dan penyempurnaan pola pikir dari pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif. Selain itu, Kurikulum 2013 menekankan pada penerapan pendekatan ilmiah yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Karakteristik siswa SMA mampu berfikir abstrak dan logis, sehingga diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan tingkat berpikir abstrak. Karakteristik materi pelajaran geografi yang cocok dalam pengembangan LKS yaitu materi yang mengembangkan ketrampilan proses. LKS yang digunakan di sekolah memiliki kekurangan dari segi format, tampilan, dan isi. Berdasarkan analisis kebutuhan, maka dikembangkan LKS Geografi menurut Hadi Soekamto sebagai perbaikan kualitas LKS konvensional yang digunakan di sekolah saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan format menurutHadi Soekamto pada materi Dinamika Kependudukan sesuai dengan Kurikulum 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian. Dari 10 tahap pengembangan dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu : (1) tahap analisis, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap evaluasi.Desain uji coba terdiri dari uji coba validasi dan uji coba kelompok kecil. Uji coba validasi dilakukan untuk mengetahui kekurangan LKS dengan menunjuk ahli bahan ajar dan ahli materi sebagai validator. Uji kelayakan LKS untuk mengukur kelayakan LKS dilakukan pada 20 siswa kelas XII IIS1 dan 1 guru pengampu mata pelajaran geografi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan analisis dat kuantitatif.

 

LKS hasil pengembangan divalidasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli bahan ajar Universitas Negeri Malang. Berdasarkan lembar validasi ahli materi dan ahli bahan ajar LKS dinyatakan “Layak dengan revisi”. Penilaian berdasarkan ahli materi memperoleh nilai 80,8 dengan kriteria “Sangat Layak” dan penilaian berdasarkan ahli bahan ajar memperoleh nilai 75,3 dengan kriteria “Layak”. Hasil uji coba kelompok kecil (pengguna) yaitu 20 siswa kelas XII IIS1 dan 1 guru pengampu mata pelajaran geografi memperoleh nilai 77,5 dengan kriteria “Sangat Layak”. LKS Geografi dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang menekankan pada aktivitas belajar. Selain itu, LKS diharapkan menjadi bahan ajar tambahan bagi guru yang berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.