SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DIHADAPI GURU GEOGRAFI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA DI KOTA MALANG

Lailatuz Zakiyah

Abstrak


Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru geografi pada bulan September 2015, diperoleh hasil bahwa guru hanya mampu menjelaskan Kurikulum 2013 secara umum, namun dalam implementasinya masih mengalami kesulitan. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung, belum mampu menerapkan sesuai dengan kurikulum 2013. Penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran juga masih belum mampu menerapkan dengan baik. Proses pembelajaran belum terlaksana dengan utuh dan sistematis sesuai dengan ketentuan yang menuntut peserta didik aktif saat proses pembelajaran. Selain itu, guru juga belum mengerti tentang penambahan materi baru. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh guru geografi di kota Malang dalam implementasi kurikulum 2013.

Metode penelitian ini adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah semua guru geografi SMA di kota Malang. Pengumpulan data berupa kuesioner semi terbuka dan merupakan kuesioner untuk mengumpulkan data primer yang dapat digunakan untuk mengetahui permasalahan guru geografi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Analisis data menggunakan teknik persentase.Berdasarkan variabel yang ada dapat dijabarkan dengan tiga sub variabel yaitu 1) perencanaan pembelajaran berdasarkan  kurikulum 2013 terdiri dari mengembangkan KD, mengembangkan indikator, mengembangkan materi, model pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi, penyusunan RPP sesuai format, 2) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 terdiri dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, penerapan pendekatan saintifik, kegiatan penutup, 3) Evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 terdiri dari langkah-langkah penilaian dan teknik penilaian.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: implementasi kurikulum 2013 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan , dan evaluasi sudah cukup optimal dilaksanakan oleh guru geografi SMA di Kota Malang, tetapi dalam setiap aspek implementasi kurikulum 2013 mengalami permasalahan. Pada perencanaan pembelajaran sebagian besar guru geografi di Kota Malang masih mengalami permasalahan dalam hal menentukan kata kerja operasional dalam mengembangkan indikator. Permasalahan yang di hadapi oleh sebagian besar guru geografi dalam pelaksanaan pembelajaran adalah  menerapkan pendekatan saintifik  pada kegiatan menanya dan mengkomunikasikan. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar guru geografi pada kegiatan evaluasi pembelajaran adalah melakukan penilaian pada aspek sikap dan mebuat indikator penilaiannya.

 

Saran yang diberikan peneliti untuk menghadapi permasalahan guru geografi di SMA Kota Malang dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah sebagai berikutguru geografi sebaiknya selalu menghadiri kegiatan sosialaisasi atau workshop terkait pengembangan Kurikulum 2013 dan juga menghadiri  MGMP untuk mendiskusikan bersama permasalahan pembelajaran kurikulum 2013 yang dihadapi oleh setiap guru dan mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut.