SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh perubahan penggunaan lahan terhadap debit puncak di sub das penggung kabupaten jember

Radhea Giarkenang Nur Fausi, Radhea Giarkenang Nur Fausi

Abstrak


Peningkatan jumlah penduduk yang semakin bertambah berdampak pada kebutuhan lahan yang semakin bertambah pula. Perubahan kawasan hutan dan lahan pertanian menjadi lahan pemukiman dan berbagai peruntukan lainnya telah menimbulkan banyak dampak negatif terhadap sumberdaya lahan dan air yang terjadi pada wilayah daerah aliran sungai (DAS). Perubahan penggunaan lahan pada wilayah DAS akan mempengaruhi kondisi hidrologi DAS seperti meningkatnya debit puncak.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis luas dan jenis perubahan penggunaan lahan di Sub DAS Penggung tahun 2006 sampai dengan 2015. Menganalisis pengaruh luas penggunaan lahan terhadap debit puncak di Sub DAS Penggung tahun 2006 sampai dengan 2015.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan metode observasi.Data primer yang digunakan adalah data titik koordinat masing-masing penggunaan lahandandata sekunder yang digunakan adalah data debit sungai tahun 2006-2015, data curahhujanmulaitahun 2006-2015 dan data citra landsat 7 tahun 2006 sampai tahun 2012 dan citra landsat 8 tahun 2013 sampai  tahun 2015.Analisis citra landsat yang digunakan yaitu klasifikasi Supervised. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistika inferensial dengan metode regresi.

Hasil penelitian ini menunjukkan Penggunaan lahan yang banyak mengalami perubahan alih fungsi yaitu hutan. Hutan banyak mengalami alih fungsi menjadisawah dengan luas mencapai 4,14 km2. Pengaruh luas penggunaan lahan terhadap debit puncak adalah sebesar 32,4%.Dari hasil dari uji regresi simultan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap debit puncak. Jenis penggunaan lahan yang berpengaruh signifikan terhadap debit puncak yaitu lahan terbangun dan lahan kosong. Dari jenis penggunaan lahan tersebut, jenis penggunaan lahan yang paling berpengaruh terhadap debit puncak yaitu lahan terbangun.