SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Geographical Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMAN 7 Malang

Rizka Nur Afivah

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Pembelajaran saat ini hanya menekankan pada kemampuan berpikir tingkat dasar seperti hapalan dan mengetahui sebuah informasi. Kurikulum 2013 menekankan proses analisis yang mengharuskan siswa tidak hanya pada tingkatan memahami. Perlu adanya pengembangan kemampuan berpikir analitis agar pembelajaran tidak hanya bermanfaat sebagai pengetahuan saja tetapi dapat menumbuhkan wawasan yang baru pada siswa. Kemampuan berpikir analitis sangat dibutuhkan dalam kajian Geografi salah satunya adalah materiDinamika dan masalah penduduk. Materi ini membahas mengenai kuantitas dan analisis demografi, kualitas penduduk dan permasalahan penduduk. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir analitis dalam pembelajaran geografi adalah modelGeographical Inquiry.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model Geographical Inquiry  terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa kelas XI IPS SMAN 7 Malang. Penilitian ini dirancang menggunakan quasi eksperimen dengan posttest only control group design. Subyek penelitian adalah kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IIS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan 4 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Hasil analisis uji t yang diperoleh, membuktikan bahwa nilai sig (2-tailed)0.01 < 0.05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen (85.06) lebih besar dari pada kelas kontrol (74.87), maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Geographical Inquiry berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis geografi siswa kelas XI SMAN 7 Malang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, saran diajukan kepada: (1) guru bidang studi geografi harus merencanakan pembelajaran model Geographical Inquirydengan baik sehingga dapat dijalankan secara maksimal dan mengelola ketepatan waktu; (2) sekolah menganjurkan model Geographical Inquiry melalui pelatihan atau workshop pada guru pada materi yang bersifat analisis; (3) peneliti selanjutnya mampu mengelola kelas lebih baik dan terarah, menerapkan pada materi lainnya, mengambil lokasi penelitian di sekolah lain.