SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017

Rian Nanda Bagus Wahyu P.

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada semester ganjil 2016/2017 di kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun, diketahui pemahaman konsep geografi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu mengasah pemahaman konsep geografi siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep geografi adalah model pembelajaranProbing-Prompting.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas X IPS 3 rendahnya pemahaman konsep geografi dengan penerapan model pembelajaran Probing-Prompting. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XIPS 3 SMA Negeri 4 Madiun dengan subjekpenelitian 37 siswa. Pengukuran nilai pemahaman konsep geografi dapat diukur menggunakan soal essay yang berjumalah 4 butir soal pemahaman konsep yang dilakukan pasca-siklus.

 

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun. Rata-rata nilai pemahaman konsep geografi siswa Pra-Tindakan adalah 43,6, nilai rata-rata pemahaman konsep pasca siklus I mengalami peningkatan 30,5% menjadi 69,5, dan nilai pemahaman konsep pasca siklus II meningkat 18,6% menjadi 81,4. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran model Probing-Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XIPS 3 SMA Negeri 4 Madiun semester ganjiltahun ajaran 2016/2017.