SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswaKelas XI IPS-4 MAN Kota Batu Semester GenapTahunAjaran 2015/2016.

Ma'rifatul Ulya

Abstrak


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada semester genap 2015/2016 di kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu, diketahui kemampuan berpikiran alitis siswa masih rendah.Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu untuk mengasah kemampuan berpikiran alitis siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikiran alitis adalah model pembelajaran problem based learning.

Penerapan problem based learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikiran alitis siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu yang berjumlah 29.Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah.Data yang dianalisis adalah kemampuan berpikiran alitis siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil kemampuan berpikiran alitis siswa mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 4 MAN Kota Batu. Rata-rata nilai kemampuan berpikiran alitis siswa siklus I adalah 71,51. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,82. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikiran alitis siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu semester genap tahun ajaran 2015/2016.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat dua kendala dalam pelaksanaan problem based learning. Kendala pertama adalah pengorganisasian kelompok.Kendala kedua adalah penyajian hasil karya.Dengan demikian perlu adanya antisipasi dan persiapan dari guru untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan model problem based learning.