SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN TERHADAP HASIL BELAJARPESERTA DIDIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA

MIFTAKHUL HUDA

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Huda, Miftakhul. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Observasi Lapangan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.P, (II) Drs. Mustofa, M.Pd.

Kata Kunci: ObservasiLapangan, Hasil Belajar, Peserta didik

Pembelajaran di luar kelas dapat memperkuat pemahaman peserta didik, karena sistem belajar seperti ini peserta didik akan melihat fakta secara langsung di lapangan tentang materi yang di pelajari. Pada dasarnya proses  pembelajaran observasi lapangan merupakan penerapan belajar mengamati lingkungan secara individual, sehingga secara sepintas hasil dari pembelajaran ini tidak dapat dilihat oleh orang lain, melainkan hanya dapat dirasakan oleh diri pebelajar itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Observasi Lapangan terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi Geografi kelas XI IPS di SMA N 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperiemen semu subjek penelitian adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal subjektif untuk pre-test dan post-test. Teknik penelitian menggunakan Independent uji t-test dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Observasi Lapangan terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi Geografi kelas XI IPS. Berdasarkan analisis data diketahui jumlah nilai rata-rata gain score dari kelas eksperimen adalah 44,79, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 38,51. Hasil uji-t 0,004 yang menunjukkan sig