SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X IPS 2 MAN Kota Batu

AGUNG SYAHRONI

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih didominasi ceramah, sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Rata-rata nilai kelas X IPS 2 mata pelajaran geografi merupakan nilai yang terendah dibandingkan kelas X IPS lainnya di MAN Kota Batu. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu melalui penerapan model pembelajaran Inquiry pada materi Hidrosfer.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan PTK yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus dan observasi catatan lapangan.Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif yang selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu.

Temuan menunjukkan bahwa diterapkannya pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Hasil analisis kemampuan berpikir analitis siswa pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 65. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 69. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79. Dari hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 5,80%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,65%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil ini bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis geografi siswa kelas X IPS 2 MAN Kota Batu.