SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Nurlaela .

Abstrak


Motivasi belajar geografi ialah dorongan dalam diri siswa untuk belajar dalam mengenali fenomena geosfer di lingkungannya untuk dapat menyinergikan pengetahuan yang dimiliki dengan kehidupannya. Menumbuhkan motivasi belajar geografi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang dianggap sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar geografi siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X IIS SMA Laboratorium UM pada materi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar geografi yang diberikan pada saat prates dan pascates. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikasi α = 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar geografi siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Skor gain score rata-rata motivasi belajar geografi siswa pada kelas kontrol sebesar 1.22 dan skor gain score rata-rata motivasi belajar geografi siswa pada kelas eksperimen sebesar 11.58. Hasil uji t pada taraf signifikasi α = 5% adalah 0.000