SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proyeksi dan Pemetaan Fertilitas di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015-2030 dengan menggunakan Metode Cloropleth

Ragel Dini Aulia

Abstrak


Fertilitas merupakan hasil nyata dari reproduksi seorang atau suatu kelompok wanita yang menyangkut banyak anak lahir hidup, salah satu perhitungan untuk menentukan fertilitas secara umum adalah tingka tkelahiran kasar atau Crude Birth Rate, yaitu jumlah kelahiran hidup pada suatu daerah pada tahun tertentu tiap 1000 penduduk pada pertengaha ntahun, wanita pernah kawin di Kabupaten Sidoarjo sebanyat 35.045 jiwa. Jumlah penduduk Kabupaten Sidoarjoa dalah sebanyak 2.109.660 jiwa dengan CBR 16,96 dan CDR 2,34. Mengenai hal tersebut diperlukan pengkajian mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi fertilitas, Proyeksi, danpemetaan di KabupatenSidoarjo.

Penelitian ini bertujuan unttuk mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap fertilitas di Kabupaten Sidoarjo, proyeksi fertilitas digunakan untuk mengetahui jumlah kelahiran (CBR) di Kabupaten Sidoarjo dari tahun 2015-2030, dan pemetaan fertilitas bertujuan untuk mnegetahui pola persebaran fertilitas di Kabupaten Sidoarjo yang menggunakan metode Cloropleth sehingga perbedaan fertilitas dapat dilihat berdasarkan gradasi warna. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu metode surve. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto. Penarikan sampel dilakukan secara proporsional random sampling dengan responden wanita pernah kawin berjumlah 344 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Data yang terkumpu ldianalisis dengan tabulasi tunggal dan tabulasi silang, regresi linier berganda, dan CBR.

Hasil dari regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama variable independen berpengaruh terhadap variable dependen yaitu fertilitas. Variabel yang paling domonan memberikan pengaruh terhadap fertilitasa dalah lama penggunaan aat kontrasepsi. Hasil dari proyeksi fertilitas juga menunjukkan dari tahun 2015-2030 di Kabupaten Sidoarjo mengalami penurunan jumlah kelahiran. Hasil pemetaan juga menunjukkan semakin rendahnya fertilitas di KabupatenSidoarjo.