SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Wanita Pekerja terhadap Fertilitas Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Dodik Reliawan

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Reliawan, Dodik.2016.Pengaruh Wanita Pekerja terhadap Fertilitas di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.Skripsi, Jurusan Geografi, FakultasI lmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:    (I) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos, (II) Drs. M. Yusuf Idris.

Kata Kunci :Fertilitas, WanitaPekerja, KelurahanMerjosari

Fertilitas adalah jumlah anak lahir hidup.Wanita pekerja adalah seorang ibu yang bekerja dalam jenis pekerjaan informal maupun formal.Peran wanita dalam dunia kerja semakin besar hal ini berkaitan dengan banyaknya kesempatan kerja untuk para wanita.Jumlah wanita pekerja di Kelurahan Merjosari tahun 2015 sebanyak 3704 orang atau 79.12% dari total angkatan kerja wanita usia 18-56 sebesar 4681 orang. Berdasarkan data tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh wanita pekerja terhadap fertilitas dengan faktor jam kerja, pendidikan, pendapatan dan usia kawin pertama di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Jenis penelitian ini bersifat korelasional untuk mengetahui pengaruh dari variable bebas terhadap variable terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknikpengumpulan data wawancara dan observasi lapangan. Instrumen penelitian dibuat berdasarkan kebutuhan data yang ingin diperoleh yaitu data fertilitas wanita pekerja. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden wanita pekerja dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang dan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa secara bersama-sama variable bebas berpengaruh terhadap fertilitas wanita pekerja. Pengujian statistic secara parsial diperoleh hasil faktor pendidikan dan usia kawin pertama wanita pekerja berpengaruh terhadap fertilitas. Pendidikan merupakan faktor yang paling dominan dalam menyumbangkan pengaruhnya terhadap fertilitas dan faktor paling kecil adalah jam kerja. Lama penggunaan alat  kontrasepsi adalah variable antara yang digunakan untuk memperoleh data aksestor KB dengan kategori aksestor yang lebih banyak daripada tidak memakai KB. Saran yang diberikan berdasarkan permasalahan tentang fertilitas wanita pekerja di Kelurahan Merjosari yaitu 1) pemerintah kelurahan selaku lembaga tertinggi mampu meningkatkan pendidikan wanita pekerja sebagai wujud kualitas sumberdaya manusia yang handal, 2) peningkatan sarana dan prasarana kesehatan untuk meningkatkan jumlah kelahiran hidup yang dan anak terlahir sehat, 3) peningkatan jumlah aksestor KB demi mengendalikan jumlah penduduk yang ada di Kelurahan Merjosari Kecamtan Lowokwaru Kota Malang.