SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Potensi Untuk Pengembangan Obyek Wisata Pantai Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar

Anton Bagus Nugroho

Abstrak


Kabupaten Blitar merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur, memiliki potensi yang cukup besar dalam bidang pariwisata. Salah satu potensi yang dimiliki yaitu potensi pariwisata pantai. Pantai Serang terletak di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Pantai Serang ini memiliki potensi yang besar namun sampai sekarang belum dikembangkan secara optimal oleh pemerintah. Selama kurun waktu 10 tahun terakhir pantai ini tidak ada pembangunan sama sekali. Hal inilah yang menjadikan terhambatnya perkembangan obyek wisata Pantai Serang. 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi yang ada di kawasan objek wisata Pantai Serang serta untuk mengetahui tingkat kelayakan dan  arahan pengembangan objek wisata pantai berdasarkan parameter ADO-ODTWA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjelaskan data hasil penelitian yang sudah diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data  dengan observasi, pengukuran lapangan dan wawancara, serta dilengkapi dengan data sekunder. Analisis data berupa deskriptif  kuantitatif dengan menggunakan metode skoring, penyajian data berupa tabel. Pengukuran dilakukan terhadap daya tarik wisata,kondisi fisiografis dan pengelolaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan pengembangan wisata Pantai Serang berdasarkan keseluruhan penilaian memiliki nilai indeks kelayakan sebesar 72,30%. Tingkat kelayakan Pantai Serang termasuk dalam kategori berpotensi untuk  dikembangkan menjadi destinasi wisata di Kabupaten Blitar. Skala prioritas pengembangan wisata Pantai Serang masuk dalam kategori Sangat Potensial untuk dikembangkan. Hal ini didasarkan penjumlahan keseluruhan aspek yang diamati dilapangan maka didapatkan skor sebesar 2545. Berdasarkan pada faktor kondisi fisik wilayah dan beberapa faktor penunjang lain maka, arahan pengembangan yang cocok untuk Pantai Serang adalah wisata pantai berbasis ekowisata.