SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Saikhu, Ahmad. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keikutsertaan Masyarakat dalam Praktek KB di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

Ahmad Saikhu

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Saikhu, Ahmad. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keikutsertaan Masyarakat dalam Praktek KB di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budijanto, M.S., M.Si (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

Kata Kunci: Keluarga Berencana (KB), Keikutsertaan KB, Variabel sosial, ekonomi dan Budaya

Semakin tinggi pertumbuhan penduduk akan semakin besar juga usaha yang diperlukan untuk mencapai tingkat pemerataan kesejahteraan  rakyat. Upaya mengatasi kependudukan tersebut dilakukan oleh banyak pihak, bahkan instansi atau departemen, lembaga, dan masyarakat. Upaya pemerintah untuk menahan ledakan penduduk ini, yaitu dengan program yang dikenal dengan istilah Keluarga Berencana (KB). KB merupakan program yang digalakkan pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan jumlah penduduk Indonesia menduduki posisi nomor empat terbanyak di dunia. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran dan memaparkan tingkat keikutsertaan PUS dalam pelaksanaan program KB serta faktor-faktor apa saja yang berkontribusi terhadap keikutsertaan PUS dalam pelaksanaan program KB di Dusun Timur Jurang Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu tabulasi tunggal dan tabulasi silang untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat dengan menggunakan metode survey dalam pengumpulan data. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 91 responden di Dusun Timur Jurang Desa Wonokerto yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi tunggal, tabulasi silang.

Saran yang diajukan berdasakan permasalahan yang berkaitan dengan keikutsertaan KB di Dusun Timur Jurang yaitu (1) masyarakat harus bertindak lebih aktif dalam artian yaitu mencari informasi sendiri mengenai program KB dengan mendatangi pelayanan kesehatan atau PPKBD, (2) pemerintah agar lebih meningkatkan lagi penyuluhan tentang program Keluarga Berencana kepada masyarakat, (3) pemerintah agar lebih memperhatikan lagi tentang terselenggaranya program Keluarga Berencana khususnya di daerah pedesaan.