SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Amelia, Diana. 2016. Pengaruh Displin Waktu Pemakaian Kontrasepsi non MKJP dan Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Fertilitas pada Isteri Nelayan di Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan.

Diana Amelia

Abstrak


ABSTRAK

Amelia, Diana. 2016. Pengaruh Displin Waktu Pemakaian Kontrasepsi non MKJP dan Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Fertilitas pada Isteri Nelayan di Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S., M.Si, (II) Drs. M. Yusuf Idris.

Kata Kunci: Fertilitas, Disiplin Waktu, Kondisi Sosial dan Ekonomi.

Fertilitas merupakan hasil nyata dari reproduksi seorang atau sekelompok wanita yang menyangkut banyaknya anak lahir hidup. Salah satu perhitungan untuk menentukan fertilitas secara umum adalah tingkat kelahiran kasar atau

Crude Birth Rate, yaitu jumlah kelahiran hidup pada suatu daerah pada tahun tertentu tiap 1000 penduduk pada pertengahan tahun. Pasangan Usia Subur Kecamatan Brondong sebanyak 6.595 jiwa. CBR Kecamatan Brondong mencapai 15,1 dan CDR sebesar 8,2 sehingga pertambahan jumlah penduduknya sebesar 6,9. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan pengkajian mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi fertilitas di Kecamatan Brondong

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasional untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan mengunakan metode survey dalam pengumpulan data. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 92 responden dari empat Desa di Kecamatan Brondong yang ditentukan secara proposional randem sampling. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi tunggal, tabulasi silang serta uji statistik regresi linear berganda.

Hasil analisis tabulasi dan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara serentak semua variabel dependen berpengaruh terhadap fertilitas. Sedangkan pada hasil uji statistik secara parsial variabel pendidikan dan variabel pendapatan yang memiliki pengaruh kecil terhadap variabel terikat. Faktor yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap fertilitas adalah disiplin waktu pemakaian kontrasepsi pil dan sumbangan paling kecil adalah variabel pendapatan. Saran yang diajukan berdasarkan permasalah yang berkaitan dengan kedisiplinan pemakaian kontrasepsi pil di Kecamatan Brondong yaitu 1) pemerintah Kabupaten Lamongan khususnya Kecamatan Brondong diperlukan adanya penyuluhan mengenai pentingnya disiplin waktu pemakain kontrasepsi pil beserta dampaknya, 2) perlu adanya penambahan tenaga penyuluh KB terutama pil, agar penyuluhan KB merata ke semua daerah di Kecamatan Brondong.