SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisa Zona Potensi Penangkapan Ikan di Perairan Kabupaten Malang dan Sekitarnya Melalui Teknologi Penginderaan Jauh

Muhamad Nurdinansa

Abstrak


Perikanan tangkap menjadi salah satu potensi sumber daya yang terus dikembangkan guna meningkatkan perekonomian nasional. Sektor perikanan tangkap di Kabupaten Malang belum dapat dimanfaatkan secara maksimal karena adanya beberapa kendala sarana serta rendahnya pengetahuan nelayan. Kondisi ini mengakibatkan belum maksimalnya pemanfaatan potensi ikan karena mayoritas nelayan masih menerapkan metode tradisional dalam operasi penangkapan ikan.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Zona Potensi Penangkapan Ikan di perairan Kabupaten Malang dan sekitarnya melalui analisis parameter suhu permukaan laut dan klorofil-a berdasarkan skala ruang dan waktu melalui teknologi penginderaan jauh. Teknologi penginderaan jauh merupakan alternatif yang tepat dalam mempercepat penyediaan informasi tentang parameter oseanografi (suhu permukaan laut dan klorofil-a).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis overlay untuk mendeteksi lokasi potensi penangkapan ikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi citra satelit suhu permukaan laut dan klorofil-a Terra/Aqua MODIS level 3 bulanan selama 5 tahun (2011-2016), data arah arus permukaan laut dari ERDAPP NOAA, data kedalaman perairan dari citraGeneral Bathymetric Chart of the Oceans (GEBCO), data koordinat lokasi penangkapan ikan dan volume produksi ikan dari Instalasi Pelabuhan Perikanan Pondok dadap, Sendang biru selama lima tahun (2011-2016) dan data penunjang lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan rara-rata suhu permukaan laut (SPL) pada Musim Barat di perairan selatan Kabupaten Malang dan sekitarnya sebesar28,81⁰Cdan konsentrasi klorofil-a 0,35 mg/m3, rata-rata SPL pada Musim Peralihan I 28,89 ⁰C dengan rata-rata konsentrasi klorofil-a 1,17mg/m3, rata-rata SPL pada Musim Timur 26,65 ⁰C dan konsentrasi klorofil-a 2,82 mg/m3, dan rata-rata SPL pada Musim Peralihan II 26,41⁰Cdan konsentrasi klorofil-a 6,89 mg/m3. Kejadian front thermal di perairan selatan Kabupaten Malang dan sekitarnya banyak terjadi pada Musim Timur dan Musim Peralihan II. Berdasarkan sebaran front thermal dan konsentrasi klorofil-a yang tinggi tinggi, Zona Potensi Penangkapan Ikan di perairan selatan Kabupaten Malang dan sekitarnya banyak ditemukan pada Musim Timur dan Musim Peralihan II.Kondisi tersebut menunjukan periode paling tepat untuk melakukan penangkapan ikan di perairan selatan Kabupaten Malang dan sekitarnya adalah pada periode Musim Timur dan Musim Peralihan II. Hasil penelitian ini diharapkan bias menjadi infromasi bagi nelayan di Kabupaten Malang dalam merencanakan operasi penangkapan ikan.