SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Kali Gedang Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso dalam Menghadapi Bencana Erupsi Gunungapi Ijen

Bagus Ramadhan

Abstrak


ABSTRACT

 

Ramadhan, Bagus Arie. 2016. Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Kali Gedang Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso dalam Menghadapi Bencana Erupsi Gunungapi Ijen. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D, (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

Kata Kunci: kesiapsiagaan, bencana, erupsi

Dampak bencana erupsi gunungapi sangat berbahaya. Erupsi gunungapi telah banyak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan pada berbagai sektor. Desa Kali Gedang merupakan desa terdekat yang hanya berjarak 10 Km dari puncak Gunungapi Ijen dan paling rawan terkena bencana erupsi.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi erupsi Gunungapi Ijen di Desa Kali Gedang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel responden ditentukan dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan masyarakat Desa Kali Gedang memiliki tingkat pengetahuan, sikap terhadap resiko bencana, dan tingkat kebijakan keluarga untuk kesiapsiagaan dalam kategori tinggi. Tingkat rencana tanggap darurat dan tingkat sistem peringatan bencana dalam kategori sedang. Sedangkan tingkat mobilisasi sumber daya dalam kategori rendah. Tingkat kesiapsiagaan total masyarakat Desa Kali Gedang dalam menghadapi bencana erupsi Gunungapi Ijen tergolong sedang.

Dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana, penduduk Desa Kali Gedang perlu memiliki keterampilan P3K, peralatan siaga bencana, dan  tabungan yang dapat digunakan dalam kondisi darurat. Selain itu pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah perlu menentukan lokasi evakuasi, membuat papan penunjuk arah jalur evakuasi, dan membangun sistem peringatan dini bencana erupsi.