SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA ST 42 AKIBAT PENGARUH KOMPOSISI ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN PUPUK UREA PADA PROSES CARBONITRIDING

MOHAMMAD HASAN BASRI

Abstrak


ABSTRAK

Basri, Mohammad Hasan. 2015.AnalisisKekerasan Dan StrukturMikroBaja St 42

Akibat Pengaruh komposisi Arang Tempurung Kelapa Dan Pupuk Urea Pada Proses Carbon itriding. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sunomo.,M.Pd., (II)Rr Poppy Puspitasari, S.Pd., M.T.,Ph.D Kata Kunci: Komposisi media donor, kekerasan, Struktur mikro, baja St 42,packcarbonitriding

Packcarbonitriding adalah proses pengerasan permukaan baja dimana baja di panaskan diatas temperature kritis di dalam media donor sehingga terjadi difusi karbon dan nitrogen kedalam permukaan baja. Permasalahannya yang sering timbul yaitu sifat mekanis terutama kekerasan kurang sesuai dengan kebutuhan yang ada.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh komposisi mediacarbonitriding terhadap kekerasan dan struktur mikro baja St 42.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental.Dalam penelitian ini yang merupakan variable bebas nya yaitu, arang tempurung kelapadan pupuk urea, sedangkan variable terikat nya merupakan kekerasan dan strukturmikro baja.Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh, dimana ditunjukkan dengan adanya perbedaan kekerasan pada tiap variasi.Pada variasi50%:50% mempunyai kekerasan sebesar 412,4 HV pada titik pertama dan terdapat lebih banyak nitrogen yang masuk dilihat dari jumlah nitrida yang lebih banyak. Sedangkan pada variasi 60%:40% mempunyai kekerasan 263,9 HV terlihat jumlah nitride berkurang dan pada variasi 70%:30% dengan kekerasan 245,6 HV nitrida yang masuk lebih sedikit dan lebih banyak karbida.Penurunan kekerasan ini terjadi karena pengurangan jumlah  nitrogen, yang dalam penelitian ini mengurangi prosesnta sepupuk/ammonia yang digunakan pada proses carbonitriding. Dari hasil penilitian ini, perlu diadakan penelitian kembali dengan varia sipresentase komposisi lain dengan lebih banyak prosentase nitrogennya.