SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Geografi

Firda Nisa Izzanatul Hikmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hikmah, Firda Nisa I. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si., M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis.

 

Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) diperkenalkan oleh Huinker dan Laughlin yang pada dasarnya model pembelajaran ini dibangun melalui 3 tahapan, yaitu berpikir, berbicara, dan menulis. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan, mengorganisasi ide, kemudian menguji ide, serta menuliskan hasilnya dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Rancangan penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di kelas X IIS 1 berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol dan X IIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 rata-rata nilai UAS hampir sama. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan tes essai sebanyak 6 soal. Teknik analisis data menggunakan gain score dan dianasis uji t (t-test) dengan bantuan SPSS for windows.

Hasil penelitian menunjukkan gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 24,14 untuk kelas eksperimen dan 16,37 untuk kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan uji t hitung untuk nilai berpikir kritis lebih kecil daripada 0,05 (p