SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Geografi Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri

Fuad Syahrul Huda

Abstrak


Pengembangan  model pembelajaran inovatif dan interaktif pada mata pelajaran Geografi yang harus lebih banyak difokuskan pada pemecahan masalah kemampuan memahami konsep oleh siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memberikan peluang besar untuk siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru berupaya mengatasi masalah kesulitan pemahaman konsep siswa secara individu maka model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization menjadi salah satu alternatif model pembelajaran pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemahaman konsep Geografi pada siswa SMA Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri.  

Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan membandingkan eksperimen dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Papar Kediri. Prosedur pengumpulan data melalui tes awal dan tes akhir. Selanjutnya uji prasyarat memnggunakan asumsi klasik serta uji hipotesis.

Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemahaman konsep geografi pada peserta didik SMA Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri. Model pembelajaran Team Assisted Individualization ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (uji-t) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep geografi pada siswa SMA Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas Eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi setelah diberi perlakuan daripada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemahaman konsep geografi siswa SMA Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri.

Saran dari penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk memperhatikan dan mengontrol waktu pembelajan agar tidak terlalu panjang dan mengontrol siswa untuk tetap fokus pada metode pembelajaran yang digunakan karena pada pelaksanaan penelitian siswa kurang antusias dalam menerima pembelajaran geografi dan memahami konsep pembelajaran.