SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Sektor Unggulan Pertanian terhadap Pengangguran, Kemiskinan dan Pendidikan Di Kabupaten Jombang Tahun 2010-2014

siti maimunah

Abstrak


Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu pendorong bagi pembangunan daerah. Sektor ekonomi unggulan merupakan sektor yang membantu dalam pertumbuhan perekonomian wilayah melebihi pertumbuhan alamiah. Kabupaten Jombang memiliki sektor ekonomi unggulan dibidang pertanian. Tingginya pertumbuhan ekonomi dibidang pertanianseharusnya juga diimbangi dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat terutama pengentasan kemiskinan, pengangguran, dan peningkatan kualitas pendidikan.

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi sektor ekonomi unggulan pertanian yang ada di Kabupaten Jombang selama lima tahun terakhir yaitu tahun 2010-2014. Mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi sektor unggulan pertanian terhadap pengangguran, kemiskinan dan pendidikan di Kabupaten Jombang dari tahun 2010-2014. Data yang digunakan adalah data sekunder time series selama lima tahun. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan expose facto dengan analisis data uji korelasi menggunakan SPSS 16 for windows.

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya selama lima tahun terakhir sektor pertanian menjadi sektor ekonomi unggulan atau sektor basis di Kabupaten Jombang. Pertumbuhan ekonomi sektor unggulan pertanian di Kabupaten Jombang memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam bertambahnya angka melek huruf. Berbeda dengan variabel pengangguran dan pendidikan yang tidak memberikan pengaruh secara signifikan terhadap penurunan jumlah pengangguran, kemiskinan.

              Sektor pertanian tetap menjadi sektor ekonomi unggulan di wilayah Kabupaten Jombang meskipun tidak memberikan pengaruh terhadap penurunan jumlah pengangguran dan kemiskinan. Oleh sebab itu, meskipun sektor pertanian  menjadi sektor unggulan seharusnya tetap diperhatikan terutama dalam pertumbuhan ekonomi untuk wilayah Kabupaten Jombang. Adanya pelatihan bagi para petani dalam mengolah sawahnya sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih baik. Peran pemerintah dalam menstabilkan harga hasil panen juga harus dilakukan sehingga petani tidak mengalami kerugian.