SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FERTILITAS DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI

Nur Anggraeni Agustina Wati

Abstrak


ABSTRACT

 

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FERTILITAS DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI

Fertilitas merupakan hasil nyata dari reproduksi seorang atau sekelompok wanita yang menyangkut banyaknya anak lahir hidup. Salah satu perhitunganuntuk menentukan fertilitas secara umum adalah tingkat kelahiran kasar atau Crude Birth Rate, yaitu jumlah kelahiran hidup pada suatu daerah pada tahun tertentu tiap 1000 penduduk pada pertengahan tahun.Pasangan Usia Subur Desa Sumberagung sebanyak 1.476 jiwa masih lebih rendah apabila dibandingkan dengan Desa Tawang dan Desa Duwet, tetapi justru memiliki jumlah kelahiran paling tinggi. CBR Desa Sumberagung mencapai 11,72 dan CDR sebesar 7,81 sehingga pertambahan jumlah penduduknya sebesar 3,91. Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan pengkajian mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi fertilitas di Desa Sumberagung.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fertilitas di Desa Sumberagung, mendeskrispsikan pengaruh dari faktor usia kawin pertama, lama periode reproduksi, lama penggunaan kontrasepsi, mortalitas bayi, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan terhadap fertilitas secara simultan maupun parsial. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi fertilitas di Desa Sumberagung Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian parameter dengan pendekatan korelasional dan metode survei. Penarikan sampel dilakukan secara proporsional random sampling dengan responden wanita pernah kawin berjumlah 90 orang.Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan tabulasi tunggal, tabulasi silang serta regresi linear berganda.

 

Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu fertilitas. Secara parsial umur kawin pertama, lama periode reproduksi, lama penggunaan kontrasepsi, dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap fertilitas sedangkan mortalitas bayi dan tingkat pendapatan tidak berpengaruh terhadap fertilitas. Variabel yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap fertilitas adalah lama periode reproduksi dan sumbangan paling kecil adalah tingkat pendapatan.