SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS MAN 3 Malang

Siti Nuriyah

Abstrak


ABSTRACT

 

Nuriyah, Siti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS MAN 3 Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D.

Kata Kunci: Discovery Learning, hasil belajar

Tuntutan kurikulum 2013 menggunakan  pendekatan saintifik. Discovery Learning dipilih sebagai model karena dengan pendekatan saintifik meningkatkan proses berpikir, memecahkan masalah, berorientasi pada siswa, menyenangkan, dan kaya sumber belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar (kognitif, afektif, keterampilan) peserta didik kelas X MAN 3 Malang.

Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan one group time series design melalui versi eksperimen semu pretes-postes kelompok tunggal materi ekuialen dengan menggunakan teknik purpossive sampling pada kelas X IPS 1 MAN 3 Malang. Instrumen berupa tes objektif diuji coba berdasarkan validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Instrumen afektif menggunakan lembar observasi dan instrumen keterampilan melalui Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan judgment validity. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan paired t-test dan perbandingan Mean nilai hasil belajar.

Berdasarkan hasil analisis data, diketahui uji hipotesis nilai kognitif, afektif, dan keterampilan secara urut sebesar 0,005, 0,002, dan 0,004. Mean nilai kognitif, afektif, dan keterampilan kelompok kontrol secara berurutan adalah 72,04, 69,40, dan 72,92. Sedangkan untuk kelompok eksperimen sebesar 78,70, 75,14, dan 80,11. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan terjadi peningkatan hasil belajar dari perlakuan I hingga II.

 

Hal ini menunjukkan ada pengaruh Discovery Learning terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS MAN 3 Malang. Saran yang perlu diperhatikan saat menerapkan model ini adalah menyusun RPP dengan memperhatikan waktu dan kondisi atau jadwal sekolah, membuat permasalahan kontekstual yang tidak terlalu sulit untuk menyesuaikan waktu, menggunakan media pada kegiatan stimulation untuk mengidentifikasi masalah kontekstual, dan menggunakan alat bantu untuk analisis data seperti Ms. Excel, serta desain penelitian time series yang membutuhkan waktu lama perlu kesiapan peneliti dan perencanaan yang matang.