SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan LKS Geografi Kelas X Menurut Hendro Darmodjo & Jenny RE Kaligis

rahmawati sri pujiantiningtyas

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan LKS Geografi Kelas X Menurut Hendro Darmodjo & Jenny RE Kaligis

Pujiantiningtyas, Rahmawati Sri. 2016. Pengembangan LKS Geografi Kelas X Menurut Hendro Darmodjo & Jenny RE Kaligis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (2) Ir. Juarti, M.P.

Kata Kunci: Pengembangan, LKS Geografi Kelas X, Atmosfer

Perubahan kurikulummenuntut siswa lebih aktif, sehingga guru sebagai fasilitator harus mampu menyediakan bahan ajar yang berkualitas sebagai sumber belajar siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan yaitu Lembar Kegiatan Siswa.Penggunaan LKS dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa secaramandiri, namun faktanya kondisi LKS yang ada di sekolah memiliki permasalahan, seperti pada segi isi hanya terdapat materi dan soal tanpa disertai kegiatan untuk siswa, oleh karena untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pengembangan LKS yang disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum, materi, dan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi lembar kegiatan siswa. LKS yang dikembangkan mengikuti penyusunan LKS menurut Hendro Darmodjo dan Jenny RE Kaligis. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick and Carey. Tahap pengembangan LKS dilakukan menjadi 3langkahyaitu: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Pengembangan, dan 3) Evaluasi.

Hasil penelitian ini yaitu: Pertama penilaian materi, memperoleh skor sebesar 99,29% dengan tingkat kelayakan sangat baik disertai saran dari validator: 1) memperjelas langkah kegiatan dan sertai contoh soal, 2) memperjelas konsep, 3) gambar sesuaikan materi.

Kedua penilaian bahan ajar. Penilaian bahan ajar terdiri dari penilaian aspek didaktik, memperoleh skor 87,5 % dengan kriteria kelayakan yang sangat baik. Aspek kontruksi memiliki hasil terendah yaitu 75% dengan kriteria kelayakan yang baik.Aspek teknik memperoleh skor 83,33% dengan kriteria kelayakan yang sangat baik. Aspek kegrafikan mendapat perolehan skor 88,54 % yang memiliki kriteria kelayakan yang sangat baik.Saran dari validator sebagai berikut: 1) perbaiki penyusunan paragraf, 2) memperhatikan tingkat kesulitan soal, 3) gunakan resolusi foto yang lebih tinggi, 4) ubah judul dan tampilan pada sampul LKS.

 

Ketiga hasil uji coba, diperoleh hasil penelitian bahwa LKS yang dikembangkan memperoleh kelayakan yang baik dari siswa sebesar 79,08% dan guru memberikan tanggapan yang sangat baik dengan memberikan skor 95% terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa LKS layak untuk digunakan pada pembelajaran geografi.