SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran JIGSAW untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan

tiya yuda hananingsih

Abstrak


ABSTRACT

 

Penerapan Model Pembelajaran JIGSAW untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan

Hananingsih, TiyaYuda. 2016. Penerapan Model PembelajaranJIGSAW untukMeningkatkanPemahamanKonsepGeografipadaMateriDinamikaHidrosferSiswaKelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan. Skripsi, JurusanGeografi, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach.Amirudin, M.Pd, (II) Ir. Juarti, M.P.

Kata kunci:Pemahamankonsepgeografi, model pembelajaranJIGSAW

Pemahamankonsepgeografimerupakandasardantahapanpentingdalamrangkaianpembelajarangeografi.Kemampuansiswauntukbelajargeografiberhubunganlangsungdenganpemahamanmengenaikonsep-konsepdanprinsip-prinsip yang adadalammatapelajarangeografi.JIGSAW merupakansalahsatu model pembelajaran yang memberikesempatansiswauntukbelajardengancaraberkelompok. Model pembelajaraninidapatmembantusiswauntukmemahamisuatukonsepmaupunmateripelajaran.

Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmeningkatkanpemahamankonsepgeografisiswapadamateridinamikahidrosfer.Subjekpenelitianadalahsiswakelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangandenganjumlahsiswa 30.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang telahdilakukanselamaduasiklus, setiapsiklusnyadilakukandalamdua kali pertemuan.Rancanganpenelitianinimeliputi: (a) perencanaan, (b) pelaksanaantindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Pengumpulan data diperolehmelaluiobservasi, wawancara, dantes, denganmemaparkan data apaadanya yang telahterjadi di kelas.

Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilaksanakan, diperolehpeningkatanpemahamankonsepgeografisiswamelaluipenerapan model pembelajaranJIGSAW.Peningkatanpemahamansiswadari rata-rata pemahamanawalsebelumtindakansebesar 72,22, meningkatsebanyak 2,68%, sehingga rata-ratanyamenjadi 74,16 padasiklus I.Dari siklus I kesiklus II rata-rata pemahamankonsepmeningkatsebanyak 6,29%, sehingga rata-ratanyamenjadi 78,83.

 

Berdasarkanpenelitian yang telahdilaksanakandapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranJIGSAW dapatmeningkatkanpemahamankonsepgeografisiswapadamateridinamikahidrosfer.Adapun saran dalampenelitianiniyaitupenerapan model pembelajaranJIGSAWtidakhanyamemerlukanpengaturankelas yang baik, kekompakansiswadalamdiskusikelompok, danpemahamansiswaterhadaplangkah-langkahpembelajaran.Namundalampembelajaran model JIGSAW ini, membutuhkanpanduan guru dalamsetiappelaksanaanlangkah-langkahnya agar kegiatanpembelajarandapattercapaisesuaidenganwaktu yang telahditentukan.Selainitu, tidaksemuasiswacocokbelajardenganpenerapan model pembelajaranJIGSAW.Jadiuntukmembuatsiswaselaluaktifdanantusias di setiapkegiatanbelajardiperlukanvariasi model pembelajaran.