SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Geografi

Yoga Dian Kurniawan

Abstrak


ABSTRACT

 

Kurniawan, Yoga Dian. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Drs. Didik Taryana, M.Si.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Inkuiri Terbimbing

Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih didominasi menggunakan metode ceramah atau bercerita, sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang diketahui dari cara menjawab pertanyaan pada saat diskusi masih merasa kesulitan untuk merumuskan suatu masalah dan kebingungan untuk menyimpulkannya, serta tidak mampu untuk memberikan solusi alternatif yang baik. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang menjadi rendah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus tindakan. Setiap siklus melakukan kegiatan pembelajaran dengan tiga kali pertemuan. Rancangan PTK yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus dan observasi, dokumentasi, serta catatan lapangan. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif yang selanjutnya akan dianalisis secara deskriptif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data secara klasikal. Hasil analisis persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 67 nilai rata-ratanya, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 76 nilai rata-ratanya. Maka dari hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siklus I ke siklus II tersebut di kategorikan mengalami peningkatan sebesar 10%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 1 Lawang pada mata pelajaran geografi dengan materi pelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan.

ABSTRACT

 

Kurniawan, Yoga Dian. 2016. Critical Thinking Skills Enhancement

Class XI IIS SMAN 1 Lawang Through Application Guided Inquiry Subject Learning Model Of Geography. Thesis, Department of Geography, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Drs. Didik Taryana, M.Si.

Keywords: Critical Thinking Skills, Guided Inquiry Model

Lessons were conducted by teachers still predominantly use the lecture method or storytelling, causing poor critical thinking skills in learners is known of how to answer questions during the discussions are still found it difficult to formulate a problem and confusion to conclude, and unable to provide an alternative solution the good one. This resulted in the study of students of class XI IIS 4 SMAN 1 Lawang Malang is low. Therefore the aim of this research is to improve the critical thinking skills of students of class XI IIS 4 SMAN 1 Lawang through the application of guided inquiry learning model in the subject of geography.

This research is a classroom action research (CAR) carried out 2 times a cycle of action. Each cycle of learning activities with three meetings. Draft CAR used in this study consisted of the stages of planning, action, observation and reflection. Document was collected in two ways tests performed at the end of each cycle and observation, documentation, and field notes. Analysis of the document used in the form of quantitative document which will then be analyzed descriptively. Subjects in the study of this class action is a class XI students IIS 4 SMAN 1 Lawang Malang.

The results showed that the application of guided inquiry learning model can improve critical thinking skills of learners. This is evidenced from the results of document analysis in the classical style. The results of the analysis of the percentage of increase in critical thinking skills of students in the first cycle of the average value of 67, while on the second cycle increased by 76 percentage average value. So from the results the average value of critical thinking skills first cycle to the second cycle categorized increased by 10%. The conclusion that can be drawn from these results that the application of guided inquiry learning model can improve critical thinking skills of students of class XI SMAN 1 Lawang IIS 4 on the subjects of geography with the material preservation of the environment in sustainable development.