SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang

Nur Huda Ahmad

Abstrak


ABSTRACT

 

Ahmad, Nur Huda. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. M. Yusuf Idris.

Kata Kunci: Model Think Pair Share, Motivasi Belajar

Penelitian ini berdasarkan permasalahan dari hasil wawancara dan observasi awal di SMA N 9 Malang pada pelajaran geografi yang selama ini belum memperoleh hasil maksimal. Dari catatan hasil wawancara dengan siswa dan guru, bahwa siswa belum mengetahui manfaat mempelajari geografi, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi geografi, kurangnya konsentrasi dalam proses belajar, dan juga dilihat dari nilai ujian akhir siswa yang masih rendah. Selain itu permasalahan penggunaan metode ceramah tanpa ada variasi dalam pembelajaran menyebabkan siswa jenuh. Dalam hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah, pembelajaran geografi harus dialihkan yang semula berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajara TPS ini cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar geografi. TPS memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain.

 

Hasil analisis diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA N 9 Malang pada pra-tindakan sebesar 76,01. Dengan tiap indikator sebagai berikut Attention sebesar 76,46 dengan taraf keberhasilan baik, Relevance sebesar 77,82 dengan taraf keberhasilan baik, Convidence sebesar 77,92 dengan taraf keberhasilan baik, Statisfaction sebesar 72,21 dengan taraf keberhasilan baik. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa meningkat sangat baik. Motivasi belajar siswa dapat meningkat sebesar 0,02, yaitu dari 76,01 pada saat pra-tindakan dan 76,03 setelah siklus I. Sedangkan pada siklus II motivasi meningkat sebesar 2,54 yaitu dari 76,03 setelah siklus I dan 78,57 setelah siklus II.