SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Siswati . .

Abstrak


ABSTRACT

 

Siswati. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, S1 Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., Pembimbing: (II) Drs. M. Yusuf  Idris

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Hasil Belajar Siswa.

Pentingnya inquiry terbimbing diuji cobakan pada mata pelajaran geografi adalah dimana model pembelajran inquiry terbimbing berbasis aktifitas dan berpusat pada siswa sehingga siswa diajak untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Inquiry terbimbing merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir lebih sistematis, kritis, logis, dan analitis dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran geografi sendiri menuntut lebih memahami pembelajaran dan lebih aktif di dalam kelas sehingga hasil belajar siswa lebih baik. Model pemelajaran inquiry terbimbing memiliki kelebihan diantaranya pembelajaran inquiry menekankan pada engembangan aspek kognitif, efektif, dan psikomotor secara seimbang, kemudian pembelajaran inquiry dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka dengan mengali informasi mengenai permasalahan pada materi pembelajaran melalui berbagai sumber atau media, dari internet, buku, artikel dan lain sebagainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa.

Rancangan penelitian ini berupa quasi eksperiment dengan desain control group design. Pelakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing pada kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Instrumen tes hasil belajar berupa 4 soal esai. Data gain score dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa SMA Kelas XI IIS. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata gain score 37.5 dari pada kelas kontrol yang nilai rata-rata gain score 19.19. Hasil analisis uji independent Sample T-Tes diperoleh nilai probabilitasnya adalah 0,000. Hal ini berarti 0,000 < 0,05 maka maka H0 ditolak artinya model pembelajaran inquiry terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang.