Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Mitigsi dan Adaptasi Bencana Banjir Berbasis Data Geospasial
Abstrak
ABSTRACT
Evalusi, Erma. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi
Mitigasi dan Adaptasi Bencana Banjir Berbasis Data Geospasial. Skripsi,
Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (II) Purwanto S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Data Geospasial, Mitigasi dan
Adaptasi Bencana
Aplikasi teknologi di dunia pendidikan dapat dilakukan dengan
memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran. Terutama pelajaran geografi yang
mengandung banyak informasi, sehingga tidak cukup disampaikan hanya dengan
metode ceramah. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mempermudah
pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran geografi, karena dapat
mengkonkritkan sesuatu yang bersifat abstrak. Materi mitigasi dan adaptasi
bencana banjir perlu menggunakan media pembelajaran untuk menyajikan contohcontoh
kontekstual yang terjadi di lingkungan sekitar.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan
multimedia pembelajaran interaktif materi mitigasi dan adaptasi banjir berbasis data
geospasial. Melalui multimedia berbasis data geospasial ini siswa dapat mengetahui
data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan karakteristik objek alam
maupun buatan manusia.
Penelitian dan pengembangan media ini menggunakan model
pengembangan Borg and Gall. Prosedur yang digunakan ada beberapa langkah
yaitu analisis materi, desain produk, prototipe, validasi produk, revisi, uji coba
lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Validasi dilakukan pada dua ahli yaitu
ahli media dan ahli materi yang berupa kajian, saran dan rekomendasi produk. Uji
coba produk dilakukan pada 25 subyek coba kelas X IIS 4 MAN Ngraho
Bojonegoro. Hal ini digunakan untuk melihat keefektifan produk dari sudut
pandang siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif.
Berdasarkan tinjauan dari para ahli, secara umum media pembelajaran yang
dikembangkan sudah bagus, hanya perlu beberapa perbaikan untuk penyempurnaan
produk. Perbaikan tersebut terletak pada desain visual dan materi pada media. Hasil
uji coba lapangan berdasarkan komponen produk terhadap aspek kemenarikan
adalah 79%, aspek kemudahan 74,6% dan aspek kejelasan 77,6%. Nilai total dari
keseluruhan aspek yang diperoleh yaitu sebesar 77,06 %. Sehinga multimedia ini
efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Pada penelitian dan pengembangan ini masih ada beberapa kekurangan,
yaitu pada penyajian contoh kejadian bencana masih terbatas. Oleh karena itu,
disarankan untuk pengembang selanjutnya menyajikan contoh gambar lebih detail
lagi. Disarankan pada guru geografi untuk menggunakan media pembelajaran ini di
kelas khususnya untuk menjelaskan materi mitigasi dan adaptasi bencana banjir.
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi contoh media pembelajaran
dalam mengembangkan produk pembelajaran lainnya