SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Mitigsi dan Adaptasi Bencana Banjir Berbasis Data Geospasial

Erma Evalusi

Abstrak


ABSTRACT

 

Evalusi, Erma. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi

Mitigasi dan Adaptasi Bencana Banjir Berbasis Data Geospasial. Skripsi,

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (II) Purwanto S.Pd., M.Si.

Kata Kunci : Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Data Geospasial, Mitigasi dan

Adaptasi Bencana

Aplikasi teknologi di dunia pendidikan dapat dilakukan dengan

memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran. Terutama pelajaran geografi yang

mengandung banyak informasi, sehingga tidak cukup disampaikan hanya dengan

metode ceramah. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mempermudah

pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran geografi, karena dapat

mengkonkritkan sesuatu yang bersifat abstrak. Materi mitigasi dan adaptasi

bencana banjir perlu menggunakan media pembelajaran untuk menyajikan contohcontoh

kontekstual yang terjadi di lingkungan sekitar.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan

multimedia pembelajaran interaktif materi mitigasi dan adaptasi banjir berbasis data

geospasial. Melalui multimedia berbasis data geospasial ini siswa dapat mengetahui

data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan karakteristik objek alam

maupun buatan manusia.

Penelitian dan pengembangan media ini menggunakan model

pengembangan Borg and Gall. Prosedur yang digunakan ada beberapa langkah

yaitu analisis materi, desain produk, prototipe, validasi produk, revisi, uji coba

lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Validasi dilakukan pada dua ahli yaitu

ahli media dan ahli materi yang berupa kajian, saran dan rekomendasi produk. Uji

coba produk dilakukan pada 25 subyek coba kelas X IIS 4 MAN Ngraho

Bojonegoro. Hal ini digunakan untuk melihat keefektifan produk dari sudut

pandang siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif.

Berdasarkan tinjauan dari para ahli, secara umum media pembelajaran yang

dikembangkan sudah bagus, hanya perlu beberapa perbaikan untuk penyempurnaan

produk. Perbaikan tersebut terletak pada desain visual dan materi pada media. Hasil

uji coba lapangan berdasarkan komponen produk terhadap aspek kemenarikan

adalah 79%, aspek kemudahan 74,6% dan aspek kejelasan 77,6%. Nilai total dari

keseluruhan aspek yang diperoleh yaitu sebesar 77,06 %. Sehinga multimedia ini

efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Pada penelitian dan pengembangan ini masih ada beberapa kekurangan,

yaitu pada penyajian contoh kejadian bencana masih terbatas. Oleh karena itu,

disarankan untuk pengembang selanjutnya menyajikan contoh gambar lebih detail

lagi. Disarankan pada guru geografi untuk menggunakan media pembelajaran ini di

kelas khususnya untuk menjelaskan materi mitigasi dan adaptasi bencana banjir.

Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi contoh media pembelajaran

 

dalam mengembangkan produk pembelajaran lainnya