SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Kesulitan Guru Geografi dalam Mengembangkan dan Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Tingkat SMA Negeri di Kota Malang.

Onie Aprilia Putri

Abstrak


ABSTRACT

 

Identifikasi Kesulitan Guru Geografi dalam Mengembangkan dan Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Tingkat SMA Negeri di Kota Malang.

Kurikulum 2013 mempunyai peran penting dalam pembinaan karakter dan mental peserta didik, untuk ketercapaian proses pembelajaran, perlu adanya tahapan-tahapan yang disusun agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Sejauh ini Kurikulum 2013 berjalan sesuai rencana, namun kebanyakan guru terutama guru geografi di Kota Malang tingkat SMA mengalami kesulitan pada sistem penilaian. Guru sering kali mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan melaksanakan penilaian karena sistem penilaian yang terjadi pada kurikulum 2013 berbeda dengan sistem penilaian pada  kurikulum sebelumnya. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai identifikasi kesulitan tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuisioner berbentuk check-list dan dokumentasi format penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesulitan guru geografi dalam mengembangkan instrumen penilaian berbasis kurikulum 2013, (2) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang dilakukan guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang, (3) mendeskripsikan kesulitan guru geografi dalam melaksanakan penilaian berbasis kurikulum 2013, (4) mendeskripsikan profil guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa:

(1) kesulitan yang dihadapi guru geografi dalam mengembangkan instrumen penilaian meliputi: kesulitan merumuskan indikator penilaian, menetapkan kinerja yang akan dinilai, serta menyusun instrumen penilaian; (2) pelaksanaan penilaian pembelajaran yang dilakukan guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang berjalan optimal; (3) kesulitan yang dihadapi guru geografi dalam  melaksanakan penilaian meliputi: kesulitan dalam waktu pelaksanaan, kesulitan dalam mendeskripsikan skor penilaian, kesulitan dalam memadukan kesiapan peserta didik; (4) profil guru geografi tingkat SMA Negeri di Kota Malang bagus.