SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tingkat Kesejahteraan Keluarga Nelayan Di Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang

Muadzin Uli Baqiya

Abstrak


ABSTRACT

 

TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA NELAYAN

DI PANTAI SENDANG BIRU KABUPATEN MALANG

Muadzin Uli Baqiya1, Ach Amirudin2, Singgih Susilo3

S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang No.5, Malang

Email: muadz.cctv@gmail.com

Sendang Biru merupakan kawasan pesisir yang dijadikan prioritas kegiatan perikanan terbesar di Kabupaten Malang. Pemerintah Kabupaten Malang mencanangkan kawasan ini mampu untuk pengembangan daerah perikanan terpadu. Dengan berbagai potensi yang dimiliki Pantai Sendang Biru membuat sebagian warga masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Akan tetapi masyarakat nelayan Pantai Sendang Biru secara fisik terlihat hidup sederhana. Profesi sebagai nelayan, khususnya nelayan tradisional, sering diidentikkan dengan masyarakat yang miskin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di Pantai Sendang Biru. Sehingga, dapat digunakan sebagai pedoman pemerintah daerah setempat untuk menentukan kebijakan yang harus diambil. Jenis penelitian deskriptif dengan metode survey.

Jumlah populasi nelayan di Pantai Sendang Biru 1791 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling  maka didapatkan 95 orang sampel. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu berupa data primer dan sekunder yaitu melalui observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tabulasi tunggal dan deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar nelayan Pantai Sendang biru tergolong dalam keluarga sejahtera II dengan jumlah sebanyak 79%. Selain itu yang terdapat beberapa nelayan yang termasuk dalam golongan keluarga sejahtera III sebanyak 21%. Tidak ditemukan nelayan yang termasuk golongan dalam keluarga prasejahtera, keluarga sejahtera I dan keluarga sejahtera III+. Hal ini di karenakan nelayan masih dapat memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosialnya, namun masih belum bisa memenuhi kebutuhan pengembangannya.

 

Kata Kunci: Kesejahteraan, Keluarga Nelayan