SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hidrosfer Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Tamansiswa Semester II Tahun 2015-2016

Eva Ratna Cempaka Sari

Abstrak


ABSTRACT

 

Cempaka Sari, Eva Ratna. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hidrosfer Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Tamansiswa Semester II Tahun 2015-2016. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M.Pd. (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

Kata kunci: Hasil Belajar, Group Investigation (GI)

Refleksi awal terhadap pembelajaran Geografi yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan KPL teridentifikasi masalah-masalah pembelajaran sebagai berikut (1) rendahnya antusias belajar Geografi peserta didik, (2) rendahnya hasil belajar peserta didik dengan bukti nilai hasil belajar Geografi dan (3) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih didominasi ceramah. Dari ketiga masalah tersebut maka dapat ditarik akar permasalahan yang terjadi yaitu metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam mengajar yaitu metode ceramah

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Hidrosfer peserta didik pada mata pelajaran Geografi kelas X IIS di SMA Tamansiswa Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu (1) tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus, (2) observasi, dan (3) catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Hidrosfer peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas X IIS SMA Tamansiswa (Taman Madya) Kota Malang pada Kompetensi Dasar 3.6 ”Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika  hidrosfera” dengan materi pokok ”Siklus Hidrologi” dan ”Perairan Darat” baik secara individu maupun klasikal. Selain itu penurunan psikologi peserta didik melaui faktor dari dalam dan luar dapat mempengaruhi tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

 

Berdasarkan hasil penelitian dalam mengajar pengelolaan kelas yang baik dan kemampuan memberikan motivasi sangat diperlukan. Sehinga faktor-faktor dari luar yang muncul ketika pembelajaran berlangsung tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil dari proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran juga diperlukan di kelas agar peserta didik tidak merasa bosan dan dapat meningkatkan ataupun mempertahankan prestasinya.