SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 10 Malang

Bayu Adi Nugraha

Abstrak


ABSTRACT

 

Nugraha, Bayu Adi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Game

Tournament Terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN

10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

Kata Kunci: model pembelajaran Team Game Tournament, motivasi belajar

geografi.

Model pembelajaran konvesional yang diterapkan guru di sekolah

berdampak terhadap motivasi belajar geografi siswa. Siswa cenderung enggan

mengikuti mata pelajaran geografi karena siswa merasa tidak bisa menerapkan

pelajaran yang di dapat dalam kehidupan sehari-hari sehingga kurang bermanfaat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran

yang inovatif. Model pembelajaran Team Game Tournament bisa menjadi salah

satu alternatif untuk menstimulasi motivasi belajar geografi siswa. Model

pembelajaran dapat menstimulasi motivasi belajar geografi siswa karena

mengandung unsur kompetisi dan penghargaan.

Rancangan penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu

menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini

menggunakan kelas X 6J2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6K2 sebagai

kelas kontrol dengan pengambilan sample simple random sampling karena semua

kelas X Ilmu Sosial mempunyai kemampuan yang hampir sama. Instrumen

pengukuran motivasi belajar menggunakan angket dengan 20 butir penyataan.

Analisis data yang digunakan adalah uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Game

Tournament berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat

dilihat dari nilai rata-rata gain score yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata

siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Kelas

eksperimen mendapat nilai rata-rata gain score 6,83, sedangkan nilai rata-rata

gain score kelas kontrol sebesar 2,69.

Model pembelajaran Team Game Tournament memiliki kelebihan dapat

membangkitkan motivasi belajar siswa karena mengandung unsur penguatan

(reinforcement). Semua siswa dituntut untuk berkompetisi dengan kemampuan

yang dimiliki oleh setiap individu. Saran untuk penelitian selanjutnya agar

mendapat hasil yang optimal adalah motivasi siswa tidak hanya dibangun dari luar

dengan cara pemberian hadiah, tetapi motivasi juga perlu dibangun dari dalam diri

siswa sendiri. Saat motivasi dari dalam diri siswa mampu dibangkitkan maka akan

 

tercapai pembelajaran Team Game Tournament yang baik dan maksimal.