SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR MELALUI PROGRAM MICROSOFT OFFICE POWERPOINT MATERI LITOSFER

Yunis Kimeilia Wahyuningsih

Abstrak


ABSTRAK

Wahyuningsih, Y. Kimeilia. 2016. Pengembangan Media Gambar Melalui Program Microsoft Office PowerPoint Materi Litosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (2) Drs. Mustofa, M.Pd

Kata Kunci: media gambar, litosfer, Microsoft Office PowerPoint

Hasil analisis pada sub-bab batuan pembentuk permukaan bumi, tektonisme, dan vulkanisme menunjukkan bahwa untuk mempelajari materi tersebut dibutuhkan media pembelajaran gambar. Media tersebut memudahkan siswa memahami konsep-konsep konkret dan objek-objek yang sulit diamati secara langsung. Media gambar agar dapat diamati oleh siswa se-kelas dibutuhkan alat presentasi Microsoft Office PowerPoint.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran gambar terutama pada meteri litosfer kelas X IIS SMA yang mampu menjelaskan konsep konkret dan menunjukkan objek-objek yang tidak dapat diamati secara langsung. Produk ini dijalankan dengan menggunakan software Microsoft Office PowerPoint.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan dari model pengembangan tersebut yaitu analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Model pengembangan tersebut dipilih karena langkah-langkahnya sesuai, sederhana, dan lengkap. Media gambar sebelum diujicobakan kepada subjek uji coba, terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media dan materi. Produk media gambar yang telah divalidasi dan direvisi kemudian diuji cobakan kepada subjek uji coba. Subjek uji coba tersebut adalah 33 siswa kelas X IIS-4 SMA Negeri 1 Lawang.

Hasil validasi ahli media dan materi manyatakan bahwa media gambar sudah cukup layak digunakan untuk pembelajaran, namun perlu perbaikan pada beberapa bagian. Sedangkan, hasil uji coba kelompok dengan menggunakan angket menunjukkan 93,9% siswa menyatakan media gambar layak digunakan. Persentase Nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar menunjukkan 51,5% siswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi sangat baik dan 39,4% siswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar melalui program Microsoft Office PowerPoint materi litosfer ini layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru menggunakan media gambar ini saat menjelaskan sub-bab batuan penyusun permukaan bumi, tektonisme, dan vulkanisme. Disarankan pula untuk disebar luaskan melalui forum MGMP Geografi ataupun melakukan permintaan melalui alamat email yuniskimeilia@ymail.com. Selain itu, disarankan kepada pengembang lebih lanjut untuk memperbaiki kualitas dan kejelasan gambar dengan menggunakan software yang lebih baik dilengkapi dengan buku penunjang yang menjelaskan materi secara datail, dan/atau mengembangkan media gambar menjadi multimedia pembelajaran.