SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Alat Peraga Proses Erupsi Gunung Api Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Lithosfer.

Riza Ainun Bahar

Abstrak


ABSTRACT

 

Bahar, Riza Ainun. 2016. Pengembangan Alat Peraga Proses Erupsi Gunung Api Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Lithosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si., (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D.

Kata Kunci : pengembangan, alat peraga, proses erupsi gunung api.

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada hasil analisis sebagai berikut; pertama analisis kebutuhan alat peraga di sekolah, kedua kebutuhan alat peraga sesuai karakteristik peserta didik, ketiga kebutuhan alat peraga sesuai dengan tuntutan kurikulum, dan keempat alat peraga yang sudah ada kurang memadai. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan akan media pembelajaran berupa alat peraga sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

Model yang digunakan dalam penelitian ini berupa model prosedural dengan langkah-langkah pengembangan merujuk pada Borg and Gall. Langkah yang dilaksanakan pada penelitian pengembangan ini menggunakan 8 langkah, yaitu: Analisis kebutuhan dan analisis alat peraga yang sudah ada; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan produk; (4) Penyusunan petunjuk penggunaan alat peraga; (5) Validasi produk; (6) Uji coba lapangan; (7) Revisi; dan (8) Produksi akhir. Media pembelajaran ini divalidasi oleh  ahli media, ahli materi dan diujicobakan kepada 15 peserta didik.

 

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap komponen buku petunjuk penggunaan mendapatkan persentase sebesar 94.4%, sehingga dapat dikualifikasikan sangat baik dengan klasifikasi ”A”. Komponen alat peraga proses erupsi gunung api didapatkan hasil sebesar 84.5%, sehingga dapat dikualifikasikan sangat baik dengan klasifikasi ”A”. Oleh karena itu alat peraga proses erupsi gunung api memiliki respon persentase sebesar 89.45% nilai ini mempunyai kualifikasi sangat baik dan berklasifikasi ”A”.