SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Scientific dengan Bantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Peserta Didik Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Malang.

Maria Yosi Felicia

Abstrak


Pemahaman konsep memiliki manfaat bagi peserta didik untuk mempermudah mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu pemahaman konsep juga membantu peserta didik mengikuti perkembangan IPTEK sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan potensi-potensi dalam diri peserta didik. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa peserta didik di SMA Negeri 2 Malang terutama di kelas X IPS 3 belum dapat memahami konsep pada pembelajaran geografi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan 70 % nilai UAS peserta didik belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Rendahnya pemahaman konsep dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang belum disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik karena adanya proses berpikir secara ilmiah dan kemudahan dalam mengidentifikasi materi pembelajaran. Selain itu mind mapping dapat membantu mengorganisir pemahaman baru dalam proses pembelajaran.

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di kelas X IPS 3 dengan menggunakan pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dari hasil tes pemahaman konsep peserta didik yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan scientific dengan bantuan mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X IPS 3 di SMA Negeri 2 Malang. Penerapan pendekatan scientific seharusnya bias dipadukan dengan berbagai kegiatan peserta didik. Oleh karena itu mind mapping dapat digunakan untuk membantu proses belajar dalam penerapan pendekatan scientific. Pemberian pengarahan tentang cara dan proses pembuatan mind mapping yang baik sangat penting untuk membantu peserta didik belajar dan membentuk pemahaman konsep.