SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN Kandangan Kabupeten Kediri.

Maria Ulfa

Abstrak


ABSTRACT

 

Ulfa, Maria. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI)

berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI

MAN Kandangan Kabupeten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu

Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya,

M.Si, (II) Dra.Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Lesson Study, Kemampuan

Berpikir Kritis.

Model pembelajaran yang banyak diterapkan saat ini adalah model

pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) yang menuntut siswa untuk

bekerjasama dan aktif dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pembelajaran kooperatif memiliki berbagai model, salah satunya adalah model

pembelajaran Group Investigation (GI). Model pembelajaran GI memiliki berbagai

kelebihan dan sintaknya sesuai dengan Kurikulum 2013. Penerapan GI dapat lebih

efektif jika dipadukan Lesson Study yang berisi kegiatan perbaikan terhadap proses

pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran

group investigation berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

pada kelas XI MAN Kandangan Kabupaten Kediri. Rancangan penilitian ini adalah

Postest Only Control Group Design yang termasuk dalam penelitian eksperimen

semu. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri dengan XI

IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 1 sebagai kelas control. Data dalam

penelitian ini adalah kemmapuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan

dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan. Analisis data

dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa

kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji-t terhadap

kemampuan berpikir kritis siswa didapatkan bahwa nilai probabilitas adalah 0,00.

Dari hasil tersebut nilai probabilitas < 0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima atau dapat

diartikan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI yang

mengikuti model pembelajaran group investigation berbasis lesson study. Guru

disarankan untuk menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis

lesson study dalam proses pembelajaran, khususnya diterapkan pada kompetensi

 

dasar yang menuntut kemampuan berpikir kritis