Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MAN Kandangan Kabupeten Kediri.
Abstrak
ABSTRACT
Ulfa, Maria. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI)
berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI
MAN Kandangan Kabupeten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu
Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya,
M.Si, (II) Dra.Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si
Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Lesson Study, Kemampuan
Berpikir Kritis.
Model pembelajaran yang banyak diterapkan saat ini adalah model
pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) yang menuntut siswa untuk
bekerjasama dan aktif dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran kooperatif memiliki berbagai model, salah satunya adalah model
pembelajaran Group Investigation (GI). Model pembelajaran GI memiliki berbagai
kelebihan dan sintaknya sesuai dengan Kurikulum 2013. Penerapan GI dapat lebih
efektif jika dipadukan Lesson Study yang berisi kegiatan perbaikan terhadap proses
pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
group investigation berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
pada kelas XI MAN Kandangan Kabupaten Kediri. Rancangan penilitian ini adalah
Postest Only Control Group Design yang termasuk dalam penelitian eksperimen
semu. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri dengan XI
IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 1 sebagai kelas control. Data dalam
penelitian ini adalah kemmapuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan
dengan tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa
kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji-t terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa didapatkan bahwa nilai probabilitas adalah 0,00.
Dari hasil tersebut nilai probabilitas < 0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima atau dapat
diartikan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI yang
mengikuti model pembelajaran group investigation berbasis lesson study. Guru
disarankan untuk menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis
lesson study dalam proses pembelajaran, khususnya diterapkan pada kompetensi
dasar yang menuntut kemampuan berpikir kritis