SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mate Pelajaran Georafi Kelas XI IPS 3 MAN Lamongan

Fatkul Utami

Abstrak


ABSTRAK

Utami, Fatkul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mate Pelajaran Georafi Kelas XI IPS 3 MAN Lamongan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Dr.Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Berpikir Tingkat Tinggi

Pembelajaran di kelas sebagian besar terpusat pada guru yaitu guru yang aktif mendominasi pembelajaran, sedangkan siswa pasif hanya mendengarkan guru. Hal ini menyebabkan siswa tidak memperoleh kesempatan untuk melatih kemampuan berpikir siswa. Sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berkaitan dengan itu, salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpikir, berbicara menyampaikan pendapat, dan menulis hasil diskusi dengan melibatkan tiga tahap penting yaitu Think (berpikir), Talk (berdialog atau berbicara) dan write (menulis). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 MAN Lamongan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan data observasi aktivitas guru dan siswa pada saat diskusi kelompok dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes, catatan lapangan, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari tahap pengolahan data kemudian dilakukan perbandingan nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pra-tindakan, siklus I dan siklus II.

Hasil rata-rata tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pra-tindakan sebesar 58,64 dengan kualifikasi cukup baik, siklus I sebesar 62,50 dengan kualifikasi cukup baik dan siklus II sebesar 95,96 dengan kualifikasi baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 MAN Lamongan.

Adapun saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi guru geografi adalah memilih model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkanstrategi pembelajaran di kelas, (2) bagi peneliti lanjut untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) agar lebih maksimal dalam penerapan model.