SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi Model NCERT Biology Textbook for Class XI Materi Potensi Geografis Indonesia SMA/MA Kelas XI

Atik Istikhomatin

Abstrak


ABSTRAK

Istikhomatin, Atik. 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi Model NCERT Biology Textbook for Class XI Materi Potensi Geografis Indonesia SMA/MA Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Program Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd., (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Teks, NCERT biology, Potensi Geografis Indonesia.

Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh kualitas buku teks geografi yang rendah dan tingkat ketergantungan guru dan siswa terhadap buku teks tinggi.Hasil identifikasi terhadap buku teks geografi yang ditulis oleh Tim Masmedia (2014) pada materi potensi geografis Indonesia menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pada aspek materi, bahasa, dan penyajian gambar. Kesalahan pada aspek materi, yaitu terdapat data yang tidak tepat, konsep dan konten materi tidak sesuai dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Kesalahan pada aspek bahasa terletak pada penyusunan kalimat dan paragraf. Kesalahan pada penyajian gambar, yaitu media gambar tidak berfungsi dengan baik.  

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku teks geografi yang lebih baik daripada buku yang sudah ada. Produk buku teks disusun dengan meniru desain buku NCERT Biology. Materi pada buku teks difokuskan pada pokok bahasan potensi geografis Indonesia yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan kurikulum 2013.

Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan berdasarkan model Borg and Gall. Namun, pada pengembangan ini dilakukan modifikasi menjadi enamlangkah, yaitu (1) analisis materi, (2) pengembangan produk, (3) validasi produk, (4) revisi awal, (5) uji coba lapangan terbatas,dan (6) revisi akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Lawang sebanyak 27 siswa. Uji coba dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data nilai tes pemahaman siswa. Instrumen yang digunakan pada uji coba berupa lembar soal berbentuk esai sejumlah 6 soal.

Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan dan rekomendasi dari validator ahli: materi, media, serta bahasadan kuantitatif diperoleh dari tes pemahaman siswa. Rekomendasi dari validator yaitu perbaikan konsep, perbaikan penggunaan tanda baca, dan  penambahan resolusi pixel gambar. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa secara klasikal persentase tingkat pencapaian ketuntasan belajar siswa sebesar 88% dan nilai rata-rata kelas sebesar 81. Hasil tersebut  mengindikasikan bahwa secara umum produk buku teks baik dan layak untuk digunakan.

Saran dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi tiga hal, yaitu saran pemanfaatan, perbaikan untuk pengembangan selanjutnya, dan kegiatan diseminasi. Saran tersebut yaitu penggunaan buku teks dapat dilengkapi dengan literatur lokal yang memuat materi potensi geografis daerah, diseminasi dapat dilakukan dengan mempublikasikan produk melaui internet, dan untuk pengembangan selanjutnya dapat menambahkan materi kontekstual.