SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Rendahnya Minat Siswa pada Kelas Peminatan Geografi (Studi pada Siswa Kelas XII IPA dan Bahasa SMAN 6 Malang)

Husnul Karisma

Abstrak


ABSTRAK

Karisma, Husnul. 2016. Identifikasi Rendahnya Minat Siswa Pada Kelas

PeminatanGeografi (StudiPada Siswa Kelas XII IPA dan Bahasa SMAN 6 Malang). Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr.SinggihSusilo, M.S, M.Si. (II) Ir. Juarti, M.P.

Kata kunci: rendahnya minat, geografi, faktor belajar

Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan

melaui pembaharuankurikulum pendidikan.Pada kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas terdapat ketentuan mata pelajaran wajib dan pilihan atau peminatan.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Malang karena minat siswa pada mata pelajaran geografi tergolong rendah, yakni kurang dari 20 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor yang dapat menjadi penyebab rendahnya minat siswa pada mata pelajaran geografi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang akan mendeskripsikan

faktor penyebab rendahnya minat siswa pada mata pelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan bidang IPA dan Bahasa dengan sampel yang digunakan ialah 2 kelas, yakni kelas XII IPA 2 dan XII Bahasa yang berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sample random sampling. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Guttmandengan dua skala sebagai pilihan jawabannya, yakni “ya” dan “tidak”. Teknik pengumpulan datanya menggunakan sistem angket, sedangkan untuk jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini kuisioner dibagikan pada tanggal 30 Maret 2016.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase terbesar dari penyebab

rendahnya minat siswa yaitu persepsi siswa mengenai geografi sebanyak 35 %. Persepsi tersebut meliputi anggapan siswa mengenai geografi sebagai ilmu hafalan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan: (1) responden dalam penelitian harusnya di wawancara lebih mendalam, untuk mendapatkan data yang lebih akurat; (2) penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi sebagai upaya peningkatan minat siswa pada geografi.