SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Peta Digital sebagai Media Pembe-lajaran Geografi pada Materi Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pembangunan

IGA MAULANA FARKHAN

Abstrak


ABSTRACT

 

Farkhan, Iga Maulana. 2016. Pengembangan Peta Digital sebagai Media Pembe-lajaran Geografi pada Materi Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pembangunan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M.Pd., (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan, peta digital, pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pembangunan

Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada keterbatasan media Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. SIG merupakan materi geografi teknik yang bersifat aplikatif. Sifat aplikatif tersebut mendasari kebutuhan terhadap media untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembela-jaran yang memiliki fungsi SIG dan peta dalam bentuk digital menyesuaikan ma-teri Pemetaan dan SIG untuk Pembangunan. Hasil dari pengembangan tahap awal berupa prototipe yang telah divalidasi selanjutnya diujikan untuk dikaji keefek-tifannya.

Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Peneliti-an ini menggunakan tujuh tahap yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencana-an, (3) penyusunan prototipe, (4) validasi, (5) revisi, (6) uji coba lapangan, dan  (7) desiminasi dan implementasi. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini beru-pa data kuantitatif yang berasal dari angket yang diisi oleh siswa. Validasi dila-kukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari validasi berupa saran perbaikan terhadap media yang dikembangkan. Saran perbaikan dari validator selanjutnya dianalisis untuk menentukan penggunaannya dalam perbaikan produk. Data hasil uji coba dianalisis dengan cara menginterpretasikan data tersebut ke dalam garis skala dan tabel persentase. Hasil interpretasi data hasil uji coba kemudian dides-kripsikan untuk memperjelas sajian data.

Berdasarkan hasil uji coba, didapatkan total skor 1.628 dari 1.950 sebagai skor maksimal. Skor sebesar 1.680 menurut garis skala memiliki kriteria di antara efektif dan sangat efektif. Skor kemudian diinterpretasikan ke dalam bentuk per-sentase. Hasil interpretasi kedalam bentuk persentase sebesar 83,5%. Persentase sebesar 83,5% menunjukkan media yang dikembangkan memiliki kategori sangat efektif.

 

Produk berupa media pembelajaran ini hanya menyajikan konsep, contoh pemanfaatan peta, dan aplikasi SIG untuk pembangunan. Keterbatasan tersebut menjadikan media ini masih memiliki berbagai kelemahan. Saran berdasarkan ha-sil kajian produk adalah memperlengkap muatan dan lebih menyederhanakan pengoperasian media. Hasil pengembangan lebih baik juga diujikan dan diekspe-rimenkan dalam skala nasional untuk memperoleh hasil yang lebih valid.