SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik SMAN 1 Singosari Mata Pelajaran Geografi

FAIZATUL ULYA

Abstrak


ABSTRACT

 

Ulya, Faizatul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik SMAN 1 Singosari Mata Pelajaran Geografi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd. (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Analitis

Pendidikan merupakan kunci pembangunan negara yang mengedepankan karakter peserta didik. Salah satunya kecakapan berpikir dan berkomunikasi. Kecakapan berpikir dan berkomunikasi pada Kurikulum 2013 mendorong peserta didik untuk mampu berpikir analitis. Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat mengembangkan berpikir analitis peserta didik karena mencakup kajian tentang fenomena bumi dan segala sesuatu di atasnya serta segala interaksinya. Model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran Geografi yaitu Learning Cycle 5E. Pembelajaran Learning Cycle 5E terdiri dari 5 tahap yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMAN 1 Singosari. Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga diambil kelas X IPS A sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan soal esai sebanyak 12 butir soal dengan pedoman penskoran kemampuan berpikir analitis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan program SPSS 16.0 for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t (independent samples t-test).

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMAN 1 Singosari mata pelajaran Geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai gain score 27,7, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai gain score 11,02. Hal ini menunjukkan bahwa H0ditolak, sehingga ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMAN 1 Singosari mata pelajaran Geografi. Saran yang ditujukan bagi guru yaitu lebih mampu mengelola waktu agar Learning Cycle 5E dapat berjalan optimal. Dan saran bagi peneliti lanjut yaitu lebih cermat memberitahu tentang tanggung jawab pada capaian setiap tahap Learning Cycle 5E.