SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berlatar Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA

Hesti Agustyan

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berlatar Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA

Agustyan, Hesti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berlatar Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M.Pd, (II) Dra. Yuswanti A. W. M.Si

Kata Kunci: Model Pembelajaran,Treffinger,Bepikir Kreatif

Model pembelajaran Treffingermelatih siswa memecahkan masalah dengan menggunakan tahapan sumbang saran, analogi, dan pemecahan masalah kreatif. Penggunaan tahapan tersebut melatih siswa agar memiliki berbagai macam alternatifpemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pe-ngaruh model pembelajaran Treffinger berlatar Outdoor Study terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi siswa SMA

Rancangan penelitianyang digunakan adalah eksperimen semu dengannon equivalent control group design.Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang.Terdapat dua subjek dalam penelitian ini, kelompok eksperimen yaitu siswa kelas XI IIS 4 yang diberi perlakuan model pembelajaran Trefinger ber-latar outdoor study dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas XI IIS 2 yang tidak diberi perlakuan khusus. Pemilihan tersebut berdasarkan kesetaraan nilai UTS siswa pada mata pelajaran geografi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essai. Analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan(1) nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif sis-wa pre-test kelas kontrol sebesar 71,00 dan kelas eksperimen dengan model pem-belajaran Treffinger sebesar 71,66. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan berpikir kreatif yang setara karena selisih nilai pada kemampuan awal hanya 0,66.(2) nilai rata-rata post-test kelas kontrol 77,8 dan kelas eksperimen de-ngan model pembelajaran Treffinger sebesar 82,38. Hal ini menunjukkan bahwa ke-dua kelas sukses dalam pembelajaran karena keduanya mengalami peningkatan  hasil. (3) nilai gain score kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol sebesar 6,8 dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Treffinger sebesar 10,72. Lebih tinggi gain score kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebanyak 3,92.Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger membuat peningkatan hasil ber-pikir kreatif lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. (4) hasil uji hipotesis menun-jukkan nilai signifikan atau probabilitas 0,02 < 0,05, maka  ditolak, yang berarti model pembelajaran Treffinger berlatar outdoorstudy berpengaruh terhadap kemam-puan berpikir kreatif mata pelajaran geografi SMA.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Treffinger berlatar outdoor study terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi siswa SMA. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap variabel lain serta pada lokasi, jenjang pendidikan, atau materi lain.