SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI KELAS XI DI MA NURUL ULUM KOTA MALANG

Lambang Tri Setya

Abstrak


ABSTRACT

 

Setya, Lambang Tri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Kelas XI IPS di MA Nurul Ulum Kota Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si

Kata Kunci: Think Pair Share, Pemahaman Konsep

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami siswa kelas XI IPS MA Nurul Ulum Kota Malang yaitu rendahnya pemahaman konsep pada pembelajaran geografi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada 24 Februari 2016 di kelas XI IPS siswa masih kesulitan dalam memahami konsep  yang di ajarkan, dengan kata lain pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan beberapa temuan, antara lain : 1) siswa masih kesulitan menjawab pertanyaan guru mengenai konsep lingkungan hidup, 2) Hasil ujian akhir semester siswa menunjukkan 99% belum memenuhi KKM yang ditentukan, 3) siswa belum aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pemahaman konsep yang rendah ini dikarenakan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru yang didominasi dengan metode ceramah.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pra tindakan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas XI IPS MA Nurul Ulum Kota Malang dengan jumlah 23 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kompetensi Dasar Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Pengambilan data dengan lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep geografi siswa MA Nurul Ulum Kota Malang. Rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 72,89% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II. Peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 8,11%. Model pembelajaran Think Pair Share ini diharapkan dapat digunakan guru mata pelajaran geografi sebagai alternatif model pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang bervariasi juga sangat dianjurkan, karena akan memudahkan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.