SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Berpikir Kritis Siswa

Zumaro Zumaro Zumaro

Abstrak


ABSTRACT

 

Zumaro. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. I Komang Astina, M.S., Ph.D., pembimbing II Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci: Inkuiri, Berpikir Kritis, Pengaruh Inkuiri terhadap Berpikir Kritis

Berpikir kritis merupakan kemampuan individu dalam menanggapi dan menganalisis suatu permasalahan yang ada di sekitarnya. Berpikir kritis perlu dikembangkan karena penting dalam pembelajaran geografi. Hal ini dikarenakan, geografi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mempelajari mengenai alam atau gejala yang ada di bumi saja, tetapi juga mempelajari hubungan antar gejala tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Inkuiri merupakan model pebelajaran yang berbasis penyelidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA An Nur Bululawang pada materi pelestarian lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan nonequevalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran berpikir kritis siswa berupa soal yang diberikan pada saat pretest dan postest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikasi α = 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 82.64 dan 76.23. Hasil uji t pada taraf signifikasi α = 5% adalah 0.034 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa.

Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti selanjutnya, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai berpikir kritis untuk meningkatkan kemampuan siswa pada indikator mengevaluasi.

ABSTRACT

 

Zumaro. 2016. The Influence of Inquiry Learning Model towards Students’ Critical Thinking. Thesis, Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Advisor I Drs. I Komang Astina, M.S., Ph.D., Advisor II ArdyantoTanjung, S.Pd., M.Pd.

Keywords: Inquiry, Critical Thinking, The Influence of Inquiry towards Critical Thinking.

Critical thinking is the ability of individuals in responding to and analyzing an issue that is around. Critical thinking needs to be developed because it is important in learning geography. This is because, geography is a subject that not only learn about nature or symptoms that exist on Earth, but also to study the relationship between these symptoms. One way to improve students' critical thinking is to use inquiry learning model. Inquiry is an inquiry-based on model of learning.

This study aims to determine the effect of inquiry learning model to the students' critical thinking. This research was done in class XI IPS SMA An Nur Bululawang on material environmental preservation. This study uses a quasi-experimental design with nonequivalent control group. Subject of the study consisted of two classes, a class XI IPS 4 as experimental models of inquiry learning and class XI IPS 5 as the control class with conventional learning models. Instruments measuring students' critical thinking in the form of questions given during the pretest and posttest. The data analysis technique to the test significance level is α = 5%.

The results showed that there were significant differences between the students' critical thinking experiment class and control class. The average value of students' critical thinking experiment class higher than the control class, namely 82.64 and 76.23. The test results to the significance level is α = 5% is 0.034> 0.05. Based on the result can be concluded that the inquiry learning model influence towards students' critical thinking.

 

An advice can be given based on this research is for teachers can use a model of inquiry learning in the learning process to improve students' critical thinking. For further research need for further research concerning the students' critical thinking to improve the student ability on evaluation indicator.