SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi Model Modern Auditing Materi Dinamika Litosfer

Maya Ayu Damayanti

Abstrak


Pengembangan buku teks geografi materi dinamika litosfer ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas buku teks yang digunakan dalam pembelajaran  geografi.  Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran masih mengandung kesalahan dan cenderung tidak berkualitas.  Penggunaan buku teks yang tidak berkualitas ini dapat berpengaruh buruk dalam pembelajaran. Buku teks yang tidak berkualitas membuat siswa sulit memahami materi dan berakibat pada rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran geografi.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku teks geografi materi dinamika litosfer dengan menggunakan model buku Modern Auditing. Buku teks ini dapat digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran geografi. Bagi guru, produk buku teks dapat digunakan sebagai sumber referensi dalam menyiapkan materi ajar. Bagi siswa, produk buku teks dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran geografi.

Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Dick and Carey yang telah diadaptasi menjadi tujuh tahap, yakni: (1) analisis buku teks; (2) pemilihan model buku; (3) penyusunan draft buku; (4) validasi produk; (5) revisi; (6) uji coba lapangan; serta (7) produksi dan diseminasi.  Hasil  uji  coba  lapangan  menunjukkan  bahwa  skor pengetahuan dan pemahaman rata-rata siswa 90,48 serta ketuntasan belajar secara klasikal 96,29%. Merujuk pada Akbar (2013), hal ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap produk buku teks memenuhi kualifikasi sangat baik. Sedangkan merujuk pada BNSP (2006) tingkat keefektifan produk buku teks memenuhi kualifikasi sangat efektif. Dengan demikian, produk buku teks layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Saran yang digunakan pada penelitian  adalah: pertama, uraian mengenai materi-materi yang membutuhkan penjelasan berupa video dapat dilengkapi dengan pembubuhan alamat link atau laman internet. Laman internet tersebut berisi video mengenai materi dinamika litosfer yang dibahas dan dapat diakses oleh siswa secara mudah.  Kedua, penjelasan mengenai magma asam dan basa dilengkapi dengan
gambar yang eksplisit.