SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan

akhfira ulya firdausa

Abstrak


ABSTRACT

 

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan yaitu kurangnya minat belajar pada mata pelajaran geografi sehingga hasil belajar siswa rendah yaitu 7,8% yang tuntas dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat siswa yang sedang bergurau dengan teman sebangkunya pada saat guru menerangkan materi pelajaran, pada saat menjawab soal siswa bertanya pada temannya dan membuka buku catatan. Peningkatan minat dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Think Pair Share memiliki tiga tahapan yaitu Think (berpikir), Pair (berpasangan), Share (berbagi).

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan dengan jumlah siswa 37 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yakni kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam. Pengambilan data dengan angket, catatan lapangan, dan tes. Minat belajar diukur dengan menggunakan angket minat belajar siswa, hasil belajar diukur dengan tes obyektif yang berjumlah 25 soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Rata-rata persentase minat belajar siswa pada siklus I sebesar 74,79% menjadi 85,56% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 84,24% menjadi 87,24% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, makaThink Pair Share  dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif yang cocok pada mata pelajaran geografi. Diharapkan pada guru mata pelajaran geografi hendaknya memperhatikan kegiatan belajar siswa, menegur siswa yang membuat keributan, menerangkan model pembelajaran yang akan digunakan agar proses pembelajaran berjalanlancar, memberikan penghargaan kepada siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu, menerangkan materi pelajaran menggunakan suara yang lantang dan jelas agar siswa yang dibelakang memperhatikan penjelasan guru dan siswa tidak ramai sendiri.